SKL UN 2013


KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
A. KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs
1. BAHASA INDONESIA SMP/MTs
1.    Mengidentifikasi isi dan bagian suatu teks.
2.    Menentukan persamaan isi berita.
1.    Menentukan perbedaan penyajian berita.
2.    Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan.
3.    Menentukan kalimat fakta/opini dalam teks iklan.
4.    Menyimpulkan isi paragraf.
5.    Mengidentifikasi isi grafik, tabel, bagan, denah.
6.    Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi.
7.    Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita
8.    anak.
9.    Mengidentifikasi perbedaan karakteristik dua novel.
10. 1 Membaca dan memahami berbagai
11.  teks nonsastra (biografi, artikel,
12.  berita, iklan, tabel/diagram, bagan,
13.  grafik, peta, denah), berbagai karya
14.  sastra (puisi, antologi puisi, cerpen,
15.  buku kumpulan cerpen, cerita anak,
16.  buku cerita anak, novel remaja, novel
17.  angkatan 20 – 30-an, dan drama).
18.  Mengidentifikasi unsur intrinsik drama.
19.  Menulis catatan pengalaman pada buku harian.
20. Menulis pesan singkat sesuai konteks.
21.  Menulis laporan/pengumuman/resensi.
22. Melengkapi surat pribadi/surat dinas/surat pembaca.
23.  Menulis rangkuman.
24.  Menulis teks berita sesuai konteks.
25.  Menulis slogan sesuai konteks.
26.  Menulis iklan sesuai konteks.
27. Menyusun petunjuk melakukan sesuatu.
28. Menulis teks pidato.
29. Menulis rumusan masalah karya ilmiah/saran karya
30. ilmiah/daftar pustaka.
31.  Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata.
32.  Melengkapi pantun.
33.  Melengkapi puisi.
34.  Menulis dan menyunting teks
35.  nonsastra dengan menggunakan
36.  kosakata yang bervariasi dan efektif
37.  dalam bentuk buku harian, surat
38.  pribadi, surat dinas, narasi dan pesan
39.  singkat, laporan, pengumuman,
40. petunjuk, rangkuman, teks berita,
41.  slogan/ poster, iklan, resensi dan
42.  karangan, surat pembaca, teks pidato,
43.  dan karya ilmiah; menulis teks sastra
44.  dalam bentuk puisi, pantun, dongeng,
45.  cerpen, dan drama.
46.  Melengkapi naskah drama.





















BAHASA INGGRIS SMP/MTs
BAHASA INGGRIS

1.    Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf
2.    atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi
3.    tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau
4.    tujuan komunikatif dalam teks fungsional pendek
5.    berbentuk caution/notice/warning, greeting card,
6.    letter/e-mail, short message, advertisement,
7.    announcement, invitation, schedule.
8.    Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf
9.    atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi
10. tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau
11.  tujuan komunikatif dalam teks berbentuk procedure.
12.  Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf
13.  atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi
14.  tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau
15.  tujuan komunikatif dalam teks berbentuk descriptive.
16.  Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf
17.  atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi
18.  tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau
19.  tujuan komunikatif dalam teks berbentuk recount.
20. Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf
21.  atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi
22. tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau
23.  pesan moral/tujuan komunikatif dalam teks berbentuk
24.  narrative.
a.    READING (Membaca)
25.  Memahami makna dalam wacana
26.  tertulis pendek baik teks fungsional
27. maupun esai sederhana berbentuk
28. deskriptif (descriptive, procedure,
29. maupun report) dan naratif (narrative
30. dan recount) dalam konteks
31.  kehidupan sehari-hari.
32.  Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf
33.  atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi
34.  tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau
35.  tujuan komunikatif dalam teks berbentuk report.
36.  Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks
37.  rumpang bentuk recount/narrative sederhana.
38.  Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks
39.  rumpang bentuk descriptive/procedure sederhana.
40. Menentukan susunan kata yang tepat untuk membuat
41.  kalimat yang bermakna.
a.    WRITING (Menulis)
42.  Mengungkapkan makna secara tertulis
43.  teks fungsional pendek dan esai
44.  sederhana berbentuk deskriptif
45.  (descriptive, procedure, maupun
46.  report) dan naratif (narrative dan
47.  recount) dalam konteks kehidupan
48.  sehari-hari.
49.  Menentukan susunan kalimat yang tepat untuk
50. membuat paragraf yang padu dan bermakna
                                                                                 



















MATEMATIKA SMP/MTs

1.    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
2.    operasi tambah, kurang, kali, atau bagi pada bilangan.
3.    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
4.    perbandingan.
5.    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
6.    operasi bilangan berpangkat atau bentuk akar.
7.    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
8.    perbankan atau koperasi dalam aritmetika sosial
9.    sederhana.
10. Menggunakan konsep operasi hitung
11.  dan sifat-sifat bilangan, perbandingan,
12.  bilangan berpangkat, bilangan akar,
13.  aritmetika sosial, barisan bilangan,
14.  serta penggunaannya dalam
15.  pemecahan masalah.
16.  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
17.  barisan bilangan dan deret.
18.  Menentukan pemfaktoran bentuk aljabar.
19.  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
20. persamaan linier atau pertidaksamaan linier satu
21.  variabel.
22. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
23.  himpunan.
24.  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
25.  fungsi.
26.  Menentukan gradien, persamaan garis, atau
27. grafiknya.
28. Memahami operasi bentuk aljabar,
29. konsep persamaan dan
30. pertidaksamaan linier, persamaan
31.  garis, himpunan, relasi, fungsi, sistem
32.  persamaan linier, serta
33.  penggunaannya dalam pemecahan
34.  masalah.
35.  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
36.  sistem persamaan linier dua variabel.
37.  Menyelesaikan masalah menggunakan teorema
38.  Pythagoras.
39.  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas
40. bangun datar.
41.  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
42.  keliling bangun datar.
43.  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
44.  kesebangunan atau kongruensi.
45.  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
46.  hubungan dua garis: besar sudut (penyiku atau
47.  pelurus).
48.  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garisgaris istimewa pada segitiga.
49.  Memahami konsep kesebangunan,
50. sifat dan unsur bangun datar, serta
51.  konsep hubungan antarsudut dan/atau
52.  garis, serta menggunakannya dalam
53.  pemecahan masalah.
54.  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
55.  unsur-unsur/bagian-bagian lingkaran atau hubungan
56.  dua lingkaran.
57.  Menentukan unsur-unsur pada bangun ruang.
58.  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
59.  kerangka atau jaring-jaring bangun ruang.
60. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
61.  volume bangun ruang.
62.  3.
63.  Memahami sifat dan unsur bangun
64.  ruang, dan menggunakannya dalam
65.  pemecahan masalah.
66.  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas
67.  permukaan bangun ruang. Kompetensi–Standar Isi–2012-2013 4
68.  NO KOMPETENSI INDIKATOR
69.  Menentukan ukuran pemusatan atau
70. menggunakannya dalam menyelesaikan masalah
71.  sehari-hari.
72. Memahami konsep dalam statistika,
73.  serta menerapkannya dalam
74.  pemecahan masalah.
75.  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
76.  penyajian atau penafsiran data.
77. Memahami konsep peluang suatu
78. kejadian serta menerapkannya dalam
79. pemecahan masalah.
80. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
81.  peluang suatu kejadian.





























ILMU PENGETAHUAN ALAM SMP/MTs

1.    Melakukan pengukuran dasar secara
1.    teliti dengan menggunakan alat ukur
2.    yang sesuai dan sering digunakan
3.    dalam kehidupan sehari-hari.
4.    Menentukan besaran pokok, besaran turunan dan
5.    satuannya atau penggunaan alat ukur dalam
6.    kehidupan sehari-hari.
7.    Menentukan sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya
8.    atau penerapan dalam kehidupan sehari-hari.
9.    Menentukan konversi suhu pada termometer.
2.    Menerapkan konsep zat dan kalor
10. serta kegunaannya dalam kehidupan
11.  sehari-hari.
12.  Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan
13.  suhu atau penerapan perubahan wujud zat dalam
14.  kehidupan sehari-hari.
15.  Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hukum
16.  Newton dalam kehidupan sehari-hari.
17.  Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi .
18.  Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam
19.  kehidupan sehari-hari.
3.    Mendeskripsikan dasar-dasar
20. mekanika (gerak, gaya, usaha, dan
21.  energi) serta penerapan konsep
22. tekanan dalam kehidupan sehari-hari.
23.  Menentukan besaran fisis yang terkait dengan
24.  tekanan pada suatu zat.
25.  Menentukan besaran fisis pada getaran atau
26.  gelombang.
27. Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalam
28. kehidupan sehari-hari.
4.    Memahami konsep-konsep dan
29. penerapan, getaran, gelombang,
30. bunyi, dan optik dalam produk
31.  teknologi sehari-hari.
32.  Menentukan sifat cahaya, besaran-besaran yang
33.  berhubungan dengan cermin/lensa atau penerapan
34.  alat optik dalam kehidupan sehari-hari.
35.  Menjelaskan gejala listrik statis dalam penerapan
36.  kehidupan sehari-hari.
37.  Menentukan besaran-besaran listrik dinamis dalam
38.  suatu rangkaian (seri/paralel, Hukum Ohm atau
39.  Hukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam
40. kehidupan sehari-hari.
41.  Menentukan besaran fisis energi atau daya listrik
42.  dalam kehidupan sehari-hari.
43.  Menjelaskan cara pembuatan magnet dan kutubkutub yang dihasilkan.
5.    Memahami konsep kelistrikan dan
44.  kemagnetan serta penerapannya
45.  dalam kehidupan sehari-hari.
46.  Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik atau
47.  penerapannya pada transformator.
6.    Memahami sistem tata surya dan
48.  proses yang terjadi didalamnya.
49.  Menjelaskan ciri-ciri anggota tata surya atau
50. peredaran bumi-bulan terhadap matahari.
51.  7 Mendeskripsikan konsep atom, ion
52.  dan molekul dihubungkan dengan
53.  produk kimia sehari-hari.
54.  Mendeskripsikan atom, ion, dan molekul serta
55.  hubungannya dengan produk kimia sehari-hari.
7.    Memahami klasifikasi zat serta Mendeskripsikan larutan asam, basa, atau garam.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar